Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Galeri Buku
 

STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PENGOLAHAN NENAS

ISBN:  -
Penulis: 
Penerbit: Ditjen PPHP
Bln Terbit: September 2009
Jml Halaman: 
Bahasa: indonesia
 
Buah nenas mengandung nilai gizi yang cukup tinggi, yang terdiri dari kalori, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan air. Selain itu nenas juga memiliki kandungan enzim bromelain, dekstrosa, laevulose, manit, sakarosa, asam organik, ergosterol peroksida, asam anenasat, asam sitrat, dan gula.

Sari buah nenas merupakan hasil teknologi yang mengubah buah nenas menjadi segelas, sekaleng atau sekotak minuman siap saji. Dengan teknologi pengolahan ini akan meningkatkan nilai tambah dari nenas tersebut yang termasuk komoditas buah yang mudah rusak, susut, dan cepat busuk.

Salah satu kendala dalam pengembangan usaha pengolahan hasil pertanian termasuk hortikultura adalah terbatasnya informasi dan panduan teknologi pengolahan.

Buku Standar Prosedur Operasional (SPO) Pengolahan Nenas ini merupakan Pedoman Teknis untuk pelaksanaan Operasional Pengolahan Hasil Pertanian khususnya Nenas bagi para pelaku usaha komoditas tersebut.

Dengan adanya buku ini, diharapkan para pelaku usaha pengolahan yang bersangkutan dapat menjadikannya pedoman, sehingga diperoleh produk – produk olahan nenas yang baik dan berdaya saing yang pada gilirannya dapat mendorong berkembangnya usaha agroindustri di pedesaan.

 
( 11 Juni 2010 by )


Buku Lainnya

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×