Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Pasar Internasional

HARGA DAGING SAPI DAN KAMBING DI NEW ZEALAND DIPERKIRAKAN TERUS NAIK

Harga daging sapi dan daging kambing di New Zealand diperkirakan akan terus naik walaupun krisis finansial global juga melanda negara tersebut. Diperkirakan pada tahun 2009 harga daging kambing akan naik sebesar 38 % sedangkan untuk daging sapi diperkirakan akan naik sebesar 11%. Pendapatan para peternak New Zealand pun diperkirakan akan naik tajam menjadi NZ$ 45,600 pada periode 2008 / 2009 bila dibandingkan dengan periode sebelumnya yang hanya mencapai NZ$ 16,700.

 

Menurut Economic Service New Zealand, pendapatan negara dari ekspor daging sapi dan daging kambing tersebut diperkirakan baik sebesar NZ$ 500 juta – NZ$ 4.4 milyar. Terlepas dari perkiraan kenaikan tersebut, produksi daging kambing turun sebesar 23% pada periode tahun 2008 / 2009 sebagai imbas dari musim panas yang berkepanjangan, low return of investment, dan penurunan permintaan susu. Menurut data statistik, populasi kambing ternak di New Zealand pada tahun 1997 mencapai 120 juta ekor, turun menjadi 79 juta ekor pada permulaan tahun 2008 dan tercatat hanya mencapai populasi sebanyak 34.2 juta ekor pada akhir tahun 2008.

 

Kenaikan tersebut tidak terlepas dari reformasi Kebijakan Pertanian Umum yang diterapkan oleh Uni Eropa dimana dengan adanya reformasi tersebut, jumlah kambing ternak di Uni Eropa terus menurun. Pangsa pasar daging kambing New Zealand di Uni Eropa cukup besar yaitu mencapai 18% dari total ekspor New Zealand yang mencapai 23% dari total populasi daging kambing ternak di negara tersebut. Sementara itu ekspor daging sapi juga akan mengalami peningkatan yang signifikan seiring dengan penguatan nilai tukar dolar New Zealand terhadap dolar USA.

 

Di sisi lain, harga wool diperkirakan akan anjlok seiring dengan menurunnya daya beli konsumen di pasar ekspor. Harga wool untuk jenis fine wool turun sebesar 21.8%, mid-micron wool turun sebesar 4.4% dan strong wool turun sebesar 11.8%. Selain it turunya harga wool ini dipicu oleh turunnya permintaan karpet yang sering digunakan di rumah – rumah tinggal.

(sumber : www.nzherald.co.nz – edisi 17 Januari 2009) diolah Subdit AI

Email irwansyah@deptan.go.id /irwansyah_damanik@yahoo.com



Artikel Lain

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×