Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Pengolahan Hasil Pertanian » Pengolahan Bioenergi dan Lingkungan

Pengelolaan Limbah Ternak Untuk Peningkatkan Kualitas Produk Susu dan Lingkungan Hidup

Berbagai manfaat didapatkan dari pengelolaan limbah ternak sapi perah yang baik diantaranya meningkatnya kualitas produk susu yang dihasilkan.


Sebagian masyarakat menganggap eceng gondok tanaman jenis gulma yang merugikan serta tak berguna. Ternyata, eceng gondok dimanfaatkan warga Desa Kertasari, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, sebagai bahan bakar alternatif baru untuk memasak. Saat ini sekitar enam kepala keluarga di desa tersebut telah memanfaatkan biogas dari tanaman bernama Latin Eichhornia crassipes itu.

“Pangan organik itu untuk semua masyarakat dan kita ingin masyarakat menjadi sehat karenanya” demikian dinyatakan M. Imron, Dewan Harian KebonKu di Pasar Tani Ditjen PPHP Jakarta (17/07/2009).(DDS)

Ditjen PPHP, News, 2009, Prospek Pertanian Organik semakin hari semakin diminati oleh para pelaku usaha dan petani di Indonesia, namun bekaitan dengan itu petani juga semakin sulit untuk mendapatkan kepastian hukum terhadap produk pertanian organik yang mereka hasilnya. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya sertifikasi akan produk pertanian organik.

Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian pada tahun ini telah memberikan bantuan berupa Reaktor Biogas Skala Rumah Tangga kepada para petani peternak di 9 lokasi (Kabupaten/Kota) yang tersebar di hampir seluruh Propinsi di Indonesia ....

Menghemat penggunaan minyak tanah....

Global Agro-industries Forum (GAIF) 2008 adalah pertemuan internasional pertama yang membahas berbagai isu pembangunan agroindustri serta merumuskan masukan/rekomendasi untuk diperhatikan oleh berbagai pihak di masing-masing negara. Pertemuan yang didukung oleh ...

Darah yang selama ini dianggap sebagai salah satu limbah Rumah Potong Hewan yang tidak termanfaatkan, ternyata mempunyai manfaat yang cukup besar salah satunya adalah penggunaan pupuk penyubur dengan menggunakan Serum Darah Hewan

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×