Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Balai Pengujian Mutu Alat Mesin Pertanian » Laboratorium Pengujian Mutu Alsintan

Profil Laboratorium Pengujian Mutu Alsintan

Balai Pengujian Mutu Alat dan Mesin Pertanian dibentuk pada tahun 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 402/Kpts/OT.210/6/2002 tanggal 28 Juni 2002 tentang Organisasi dan Tata kerja Balai Pengujian Mutu Alat dan Mesin Pertanian dengan tugas pokok melaksanakan pengujian mutu dalam rangka sertifikasi dan standardisasi alsintan.


Ruang lingkup pelaksanaan pengujian alat dan mesin pertanian meliputi alat mesin pertanian prapanen, panen dan pascapanen serta pengolahan hasil pertanian.

Produsen Alat mesin pertanian (alsintan) yang akan mengujikan produknya dapat mengajukan permohonan uji ke BPMA, dengan prosedur sebagai berikut :

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×